Close

April 9, 2017

Tips Sukses Berbisnis Kosmetik

Bagi kaum wanita, penampilan merupakan hal penting yang harus dijaga. Selalu tampil cantik, sempurna dan menawan adalah hal yang selalu diidam-idamkan oleh wanita. Untuk mendapatkan semua itu, tentunya ada kebutuhan yang harus dipenuhi salah satunya adalah kosmetik. Wanita dan kosmetik seolah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Bagi wanita, kosmetik seolah menjadi kebutuhan sehari-hari mereka. Karena kosmetik, banyak wanita yang berhasil menjadi pusat perhatian karena kecantikannya.

Oleh karena itu, bisnis kosmetik merupakan salah satu pilihan usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Pasalnya selain kebutuhan akan kosmetik yang seolah tak ada habisnya, pangsa pasar untuk bisnis ini cukup luas mulai dari remaja hingga wanita dewasa bahkan di jaman seperti ini banyak wanita usia lanjut yang menggunakan kosmetik secara rutin. Selain itu, distribusi produk kecantikan juga bervariasi mulai dari reseller, agen, toko, pemilik MLM, pemilik Spa, distributor, pemilik hotel dan pemilik salon semuanya membutuhkan kosmetik untuk menjalankan usahanya. Tak heran jika banyak bisnis kosmetik startup yang bermunculan.

Nah, jika anda tertarik untuk memulai bisnis ini ada beberapa tips-tips yang harus diperhatikan:

Pertama, pilihlah produk kosmetik yang tepat. Artinya, sebelum anda memulai bisnis ini tentunya anda harus menjamin apakah produk kosmetik yang akan anda jual sudah layak digunakan oleh masyarakat. Caranya adalah dengan memastikan produk tersebut memiliki persyaratan yang dibutuhkan contohnya: bersertifikat BPOM, tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, memiliki perizinan usaha dan lebih baik lagi apabila sudah berlabel halal oleh MUI.

Kedua, carilah agen atau distributor yang terpercaya. Jangan hanya tergiur dengan harga murah saja. Pastikan distributor atau agen tersebut memiliki izin usaha dan hanya menjual produk-produk resmi. Pada tahun 2006 Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan lebih dari 4000 produk kosmetik tiruan. Oleh karena itu, usahakan anda melakukan riset tentang agen yang anda gunakan untuk memastikan bahwa agen tersebut terpercaya. Jangan sampai produk anda justru akan merugikan masyarakat.

Ketiga, Pilihlah produk yang banyak dipakai masyarakat. Sudah bukan hal yang baru lagi jika kosmetik juga berubah sesuai dengan kemajuan jaman. Tren-tren pemakaian kosmetik mulai dari remaja sampai orang dewasa juga berbeda. Usahakan anda dapat membaca kebutuhan pasar. Menjual produk-produk yang populer pada saat itu akan membuat bisnis kosmetik anda melejit pesat karena barang anda akan banyak dicari orang. Untuk dapat membaca kebutuhan pasar anda dapat membaca majalah kecantikan, surat kabar atau pun membaca berita ter-up-to-date tentang kosmetik di internet. Atau, anda juga dapat survey langsung ke lapangan mengenai produk kecantikan yang paling digemari masyarakat, hal ini dapat anda lakukan secara online maupun offline.

Keempat, sediakan lebih dari satu pilihan untuk setiap produk. Tidak semua orang cocok menggunakan satu produk kosmetik saja, banyak orang yang hanya cocok apabila menggunakan satu produk tertentu saja. Oleh karena itu, usahakan anda menjual berbagai macam produk kosmetik seperti lipstick, lotion, bedak, mascara, sabun wajah dan sebagainya. Dengan hal itu, konsumen dapat membeli seluruh kebutuhannya kepada anda. Akan lebih bagus lagi, apabila anda menyediakan diskon untuk pembelian besar atau paket-paket khusus untuk beberapa produk kosmetik anda. Dengan hal itu masyarakat akan semakin tertarik untuk membeli kepada anda.

Kelima, Pahami produk kosmetik yang anda jual. Nah, apabila anda ingin berbisnis kosmetik tentunya anda harus memahami berbagai macam produk kosmetik yang ada di pasaran mulai dari jenis, kandungan bahan, ukuran, manfaat produk tersebut sampai cara penggunaannya. Banyak konsumen yang masih bingung dengan produk yang ingin dia beli. Dengan pengetahuan akan produk-produk yang anda jual, anda akan dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya bagi konsumen. Dengan itu, konsumen akan puas dengan pelayanan anda. Hal itu sangat menguntungkan karena konsumen akan menjadikan bisnis anda sebagai rujukan utama untuk membeli kebutuhan kosmetiknya bahkan merekomendasikannya pada orang lain.

Keenam, Tentukan tempat usaha yang pas. Setelah anda sudah mengerti tentang produk yang anda jual saatnya menentukan tempat usaha yang akan anda gunakan untuk berbisnis kosmetik tersebut. Lokasi yang anda pilih harus strategis. Misalnya saja tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh kaum hawa contohnya: dekat salon, butik, mall, dan lain sebagainya. Memilih tempat usaha juga dapat anda tentukan setelah anda sudah menentukan pangsa pasar yang tepat untuk bisnis anda. Misalnya saja apabila anda ingin membidik pasar muslimah, tempat yang strategis untuk  membuka tempat usaha di dekat tempat pengajian ibu-ibu, salon-salon kecantikan khusus wanita muslimah, dan tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh target pasar anda. Dengan hal itu, maka bisnis anda akan semakin mudah dipasarkan.

Ketujuh, Pilihlah cara memasarkan produk anda dengan tepat. Promosi merupakan hal terpenting agar produk anda laku di pasaran. Memilih cara promosi yang tepat akan sangat menentukan apakah masyarakat akan mengenal bisnis anda atau produk yang anda jual ataukah tidak. Di jaman era digital seperti sekarang, masyarakat cenderung tidak lepas dari gadget atau smartphone nya. Hal itu dapat anda manfaatkan sebaik-baiknya. Promosikanlah produk anda lewat jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Website bahkan BBM, Whatsapp dan Line dapat anda gunakan sebagai sarana promosi produk kosmetik anda.

Kedelapan, Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Selain promosi hal yang sering diperhatikan oleh konsumen dalam berbisnis adalah bagaimana pelayanan yang ditawarkan. Usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik pada mereka sehingga para konsumen merasa puas dan kembali berbelanja pada anda. Bekali diri anda dengan pengetahuan-pengetahuan mengenai seputar dunia kecantikan karena yang anda hadapi adalah para wanita yang ingin mempercantik diri mereka. Perhatikan juga penampilan anda apabila berhadapan dengan konsumen. Bagaimana konsumen mempercayakan kecantikan mereka pada produk anda apabila anda sendiri sebagai representasi produk anda tidak berpenampilan menarik di depan para konsumen?

Kesembilan, terakhir dan yang terpenting adalah menentukan modal usaha. Nah, bagaimana jika anda belum memiliki modal yang besar untuk membuka tempat usaha? Jangan khawatir anda dapat memulai bisnis anda secara kecil-kecilan dengan melakukan dropship terlebih dahulu. Hal ini juga sangat mudah karena anda hanya memasarkan produk anda secara online saja. Akan tetapi, hal itu cukup berisiko pasalnya anda tidak benar-benar tahu kualitas barang tersebut karena para agen/distributor lah yang mengepak dan mengirimkan produk pesanan kepada konsumen. Namun cara ini juga dapat menjadi langkah awal untuk mengembangkan bisnis kosmetik anda.

Nah, apabila anda memang sudah serius ingin membuka bisnis kosmetik dan membuka gerai sendiri ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menentukan modal yaitu: modal investasi awal, modal kerja dan modal operasional. Modal investasi awal meliputi biaya sewa tempat dan peralatan toko seperti etalase, kursi, meja, komputer, dan sebagainya. Sedangkan modal kerja digunakan untuk membeli bahan baku toko, seperti peralatan kosmetik dan produk perawatan tubuh. Yang terakhir adalah modal operasional untuk biaya gaji karyawan dan biaya umum seperti biaya listrik, air dan sebagainya.

Nah, begitulah tips-tips sukses bisnis kosmetik dari kami. Apakah anda tertarik untuk membuka bisnis yang mudah dan sangat menguntungkan ini?