Close

April 21, 2017

Tips Menentukan Packaging Produk untuk Kosmetik Anda

Kemasan produk merupakan hal yang penting dalam memasarkan produk anda agar laku di pasaran karena kemasan adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Kemasan produk juga berperan penting dalam keputusan konsumen apakah akan membeli produk anda ataukah tidak. Banyak produk yang sebenarnya berkualitas namun karena packaging yang buruk akhirnya pemilik produk harus gigit jari karena produknya tidak laku di pasaran. Hal tersebut juga berlaku untuk produk kosmetik apalagi pengguna produk-produk kecantikan kebanyakan adalah kaum wanita, dimana mereka sangat memperhatikan sekali kemasan produk. Bahkan, tak jarang dari para konsumen menentukan baik tidaknya kualitas produk dari kemasannya.

Jika seperti itu, lantas bagaimana saya dapat mementukan kemasan untuk produk yang cocok untuk produk kosmetik saya?

Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Packaging harus sesuai dengan target market yang ditentukan.

Sebelum anda memasarkan produk tentunya anda sudah menentukan target pemasaran anda kan? Nah, pastikan bahwa design dan bentuk kemasan sudah sesuai dengan segmen pasar yang akan anda bidik. Misalnya, anda ingin membuat sebuah produk shampoo untuk remaja, tentu saja design kemasan yang baik adalah yang sesuai dengan kepribadian remaja pada umumnya yaitu catchy, colorful, dan unik. Jangan sampai kemasan produk anda tidak sesuai dengan pasaryang anda bidik karena hal itu akan membuat penjualan produk anda kurang maksimal.

2. Pilihlah packaging atau kemasan yang belum pernah digunakan oleh produk lain sebelumnya.

Be Unique! Be Different! Bangunlah kesan unik produk anda lewat kemasan. Dengan itu, konsumen akan mudah mengenali produk kosmetik anda. Walaupun kemasan biasanya akan berubah mengikuti perkembangan jaman, namun umumnya tidak dalam waktu dekat setelah produk di launchingkan. Packaging juga dapat digunakan untuk membranding produk anda loh. Tetap pertahankan keunikan kemasan produk anda walaupun suatu saat anda ingin mengganti kemasan produk anda pada event-event tertentu. Hal itu membuat produk anda tetap dikenal masyarakat. Jangan sampai kemasan anda memiliki kemiripan dengan produk lain yang serupa ya.

3. Tentukan bahan packaging yang tepat untuk produk kosmetik anda.

Ada banyak bahan untuk membuat packaging yaitu untuk bahan pangan dan non-pangan. Walaupun termasuk dalam jajaran produk nonpangan, namun kosmetik juga memiliki banyak variasi. Ada padat, cair, bubuk dan bahkan tak jarang beberapa jenis bahan kosmetik membutuhkan perlakuan khusus misalnya tidak boleh terkena udara atau hanya boleh diletakkan dalam temperatur udara tertentu. Oleh karena itu, kenali produk anda agar dapat menentukan bahan kemasan terbaik untuk produk kosmetik anda. Jangan sampai kemasan tersebut justru membahayakan produk anda.

4. Pilihlah ukuran kemasan yang pas untuk produk kosmetik anda.

Ini juga merupakan hal penting dalam menentukan kemasan yang pas. Ukuran kemasan harus merepresentasikan isi dari produk anda. Akan sangat menjengkelkan sekali apabila membeli kemasan dengan ukuran yang besar namun mendapati bahwa isi dari produk tersebut hanyalah separuh dari ukuran kemasan. Hal itu akan membuat konsumen anda sangat kecewa. Selain itu, ukuran yang pas akan memudahkan konsumen untuk membawa produk kosmetik anda kemanapun mereka pergi. Sudah bukan merupakan hal baru bahwa kosmetik merupakan kebutuhan sehari-hari bagi seorang wanita. Jadi, usahakan untuk membuat ukuran kemasan produk anda seminimalis mungkin ya.

5. Gunakan kombinasi warna yang menarik perhatian konsumen.

Walaupun ukuran kemasan dibuat seminimalis mungkin, namun tidak berarti warna kemasan tersebut haruslah monoton atau biasa-biasa saja. Produk dengan warna-warna yang mencolok biasanya akan lebih menarik perhatian konsumen untuk membeli produk tersebut. Jangan lupa, pemilihan warna pada kemasan produk kosmetik anda harus juga disesuaikan dengan target pangsa pasar yang sudah anda tentukan ya.

6. Terakhir dan terpenting adalah, pastikan bahwa keamanan produk kosmetik anda terjamin dan dapat dibuktikan pada kemasan produk kosmetik anda. Misalnya: nomor izin edar dari BPOM, sertifikat halal dari MUI juga jangan lupa untuk menyertakan juga tanggal kadaluarsa produk kosmetik anda ya.