Close

June 8, 2017

Tidak Semua Perempuan Tahu Jenis-jenis Lipstik berikut ini

Lipstik menjadi salah satu jenis kosmetik yang diganderungi oleh para wanita. Hal ini disebabkan lipstik mampu mempercantik bibir dengan polesan warna yang beragam. Namun, untuk menghasilkan warna lipstik yang tepat dan cocok di bibir, sebaiknya memperhatikan jenis lipstik terlebih dahulu.

Berikut macam-macam jenis lipstik yang tersedia di pasaran yang mungkin tidak semua wanita mengetahuinya

1. Creamy Lipstik

Creamy lipstik merupakan salah satu jenis lipstik yang mampu menghasilkan polesan yang kuat dan sedikit mengkilap namun tetap membuat bibir terasa lembut. Untuk penggunaan terbaik, sebaiknya padukan penggunaan creamy lipstik dengan lip pencil atau lip liner untuk membuat batasan dalam penggunaannya.

Tidak hanya itu, disarankan pula untuk menggunakan kuas. Hal tersebut bertujuan agar polesan menjadi lebih rapi dan merata. Lipstik jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk melindungi bibir dari sengatan sinar matahari karena memiliki kandungan lilin yang tinggi. Namun sayangnya kandungan lilin tersebut bisa menyebabkan bibir kering.

2. Matte Lipstik

Matte lipstik menjadi salah satu jenis lipstik yang banyak diganderungi oleh para wanita belakangan ini karena matte lipstik mampu memberikan hasil yang kering dan tanpa kilap. Hal tersebut disebabkan jenis lipstik ini hanya memiliki sedikit kandungan minyak dan berkemampuan untuk menyerap cahaya.

Kelebihan lain yang dimiliki matte lipstik ialah tidak lengket dan lebih tahan lama. Namun disarankan menggunakan pelembab bibir terlebih dahulu sebelum menggunakan matte lipstik. Pasalnya, lipstik ini memiliki sifat yang kurang baik, yakni membuat bibir kering dan berdampak menjadikan bibir menjadi pecah-pecah.

3. Lip Liner

Siapa yang tidak mengenal lip liner ? Bagi mereka yang suka berdandan tentu tidak asing lagi dalam menggunakan lipstik jenis ini. Dimana ia memiliki fungsi untuk membentuk postur bibir atau sebagai pembingkai bibir.

Karena hanya berfungsi sebagai pembingkai bibir, tentunya Anda harus mengombinasikan lip liner dengan jenis lipstik lain untuk mengisi bagian tengah bibir. Untuk hasil terbaik, gunakan lip liner sesuai dengan bentuk bibir. Jika bibir Anda tebal dan lebar, sebaiknya gunakan lip liner pada bagian dalam garis bibir agar mampu memberikan kesan bibir mungil. Sebaliknya, jika bentuk bibir Anda tipis dan kecil, gunakan lip liner di bagian luar garis bibir agar mampu memberikan kesan penuh pada bibir.

4. Sheer Lipstik

Sheer atau gloss lipstik merupakan jenis lipstik yang memiliki warna tipis dan transparan. Sesuai namanya, tentu lipstik ini mampu menyuguhkan efek glossy atau mengkilap pada bibir si pengguna. Kendati demikian, warna dari jenis lipstik ini memang cukup ringan dan tidak mencolok, sehingga sangat cocok digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Memiliki kandungan minyak dan pelembab yang tinggi membuat sheer lipstik berkemampuan untuk menjaga kelembaban bibir dan mencegah terjadinya bibir kering dan pecah-pecah. Perlu diketahui, jenis lipstik yang satu ini sangat cocok digunakan untuk para pemilik bibir yang tipis dan kecil karena mampu memberikan kesan yang penuh nan seksi.

5. Shine Lipstik

Pada dasarnya, shine lipstik memiliki tekstur yang hampir mirip dengan cream lipstik. Hasil akhir dari pemakaian lipstik ini sendiri ialah membuat bibir menjadi penuh karena efek kilau yang dimilikinya berkemampuan untuk memantulkan cahaya. Jenis lipstik yang satu ini sangat cocok digunakan bagi para pemilik bibir yang mungil. Kendati demikian, bukan berarti para pemilik bibir tebal tidak dapat menggunakannya karena hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan lip liner pada bagian dalam garis bibir untuk menyamarkan bentuk bibir.

Sifat yang dimiliki oleh shine lipstik ialah lembut dan berkemampuan untuk melembabkan bibir, sehingga Anda tidak perlu menggunakan pelembab bibir sebelum menggunakan lipstik jenis ini. Namun sayangnya, shine lipstik ini lengket dan sangat mudah hilang.

6. Frosty Lipstik

Jenis lipstik lain yang sering digunakan oleh para wanita ialah frosty lipstik. Pemakaian dari lipstik yang bernama lain pearlescent ini ialah memberikan efek kilap yang hampir mirip seperti mutiara. Sayangnya, lipstik ini memiliki kandungan pelembap yang cukup minim, sehingga sebelum menggunakannya Anda harus mengoleskan pelembab terlebih dahulu.

Dalam memilih warna lipstik ini, tentunya Anda harus lebih berhati-hati. Pasalnya, pemilihan warna yang kurang tepat akan membuat warna bibir dan warna lipstik akan tidak menemui kecocokan.

7. Satin Lipstik

Jenis liptik yang terakhir ialah satin lipstik. Satin lipstik diklaim sebagai lipstik yang merupakan hasil perpaduan antara matte lipstick dan sheer lipstik. Jika berbicara mengenai bentuk fisiknya, bentuk dari satin lipstik ini hampir serupa dengan matte lipstik, namun berbeda pada kandungan pelembabnya.

Kandungan pelembab pada satin lipstik cenderung lebih tinggi ketimbang matte lipstik, sehingga hasil yang ditampilkan akan lebih kuat namun tanpa adanya efek glossy. Lebih tepatnya ialah akan nampak lembut namun tetap berkilau seperti kain satin. Satin lipstik merupakan jenis lipstik yang tidak lengket dan tahan lama.

Kira-kira dari  7 jenis lipstik ini, berapa jenis yang anda ketahui? 🙂