Close

March 28, 2017

Syarat Pengajuan BPOM untuk Produk Kecantikan Kosmetik

syarat daftar BPOM, bisnis kecantikan

Kosmetik merupakan suatu barang yang begitu melekat pada seorang wanita. Seorang wanita pada dasarnya tidak bisa jauh dari benda yang satu ini. Dengan kosmetik bahkan kebanyakan wanita merasa bisa tampil lebih percaya diri, sebagian dari mereka tidak pernah percaya diri jika harus tampil dimuka umum tanpa menggunakan kosmetik.

Oleh karena itu wanita selalu memburu berbagai jenis kosmetik untuk bisa merias wajahnya supaya tampil lebih elok, cantik dan menawan. Melihat tingginya permintaan masyarakat akan kosmetik, maka dari itu membuat banyak orang mencari peluang untuk menciptakan berbagai bentuk kosmetik untuk bisa ditawarkan kepada wanita.

Berbagai bentuk kosmetik seperti bedak, lipstik, eyeshadow, pensil alis, krim malam, krim pagi, pencerah, pembentuk alis dan masih banyak lagi jenis lainnya bertebaran di masyarakat. Banyak juga merk kosmetik yang berlomba-lomba menghadirkan berbagai jenis kosmetik untuk bisa dinikmati oleh masyarakat yang kebanyakan adalah wanita.

Namun tentu saja karena banyaknya pilihan untuk penjualan kosmetik di masyarakat ini membuat anda tidak bisa dengan begitu saja memilih kosmetik sembarangan untuk dapat membantu penampilan anda lebih baik lagi. Kosmetik dengan kelebihannya memang bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih cerah, lebih cantik dan wajah lebih elok, akan tetapi karena banyaknya jenis kosmetik kadang kala membuat pemakaiannya perlu diperhatikan. Setiap wajah seseorang apalagi pada wanita memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga hal itulah yang menjadi pengaruh pada penggunaan kosmetik diwajah anda.

Setiap kosmetik bisa saja cocok untuk beberapa jenis kulit namun kadang sensitif untuk digunakan pada jenis kulit tertentu. Karena itulah anda harus benar-benar jeli memperhatikan kosmetik yang hendak dipilih. Selain itu, setiap merk kosmetik yang ada di pasaran itu juga memiliki harga yang bervariasi, perbedaan harga untuk setiap merk kosmetik itu bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya karena kualitas bahan, ukuran dan bisa juga karena ketenarannya dan sudah dipercaya bisa membuat kulit wajah tampil lebih cantik.

Akan tetapi ada satu hal lagi yang tak kalah penting untuk menjadi pusat perhatian anda ketika menggunakan kosmetik. Hal tersebut tak lain adalah anda harus memperhatikan ijin BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), karena tentunya jika kosmetik sudah menggunakan ijin BPOM, maka kita bisa mengansumsikan kosmetik tersebut dijamin keamanannya oleh lembaga BPOM.

cara daftar BPOM, bisnis kosmetik

Apa itu BPOM? BPOM adalah sebuah lembaga pemerintahan yang memiliki tanggung jawab penuh pada peredaran produk olahan pangan yang ada di Indonesia, anda harus menghindari produk-produk kosmetik yang tidak memiliki ijin dari BPOM.Untuk anda yang memiliki kosmetik dan ingin memiliki ijin resmi dari pihak BPOM, tentu saja ada beberapa tahapan dan syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sehingga kosmetik yang akan dipasarkan bisa diterima oleh masyarakat.

Apabila ingin mendapatkan ijin dari BPOM, terlebih dahulu anda harus memahami tiga jenis layanan Makanan dan Minuman yang ada di BPOM RI dimana ketiganya itu meliputi :

  • Pelayanan Umum yaitu sebuah layanan penilaian produk pangan dan bahan tambahan pangan untuk produk pangan yang memiliki resiko besar dan disesuaikan dengan waktu dan prosedur yang ditetapkan.
  • Pelayanan Cepat atau ODS ( one day service ) yaitu sebuah layanan penilaian pangan olahan serta bahan tambahan pangan yang memenuhi kriteria tertentu dengan keputusan yang lebih cepat sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Pelayanan pendaftaran Ulang, Pendaftaran Pangan Ulang adalah pendaftaran perpanjangan masa berlaku persetujuan Pangan Olahan.

Untuk mendaftarkan produk kosmetik anda ke BPOM, sebelumnya ada beberapa hal yang mesti dilengkapi sebagai syarat yang diperlukan ketika hendak mendaftarkan nomor BPOM, diantaranya sebagai berikut :

Produk dalam negeri Syarat minimal adalah pendaftaran Umum dan produk ODS (One Day Service) produk MD meliputi :

  1. Fotocopy ijin membangun industri dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan atau BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)
  2. Hasil analisa laboratorium (asli) yang memiliki kaitan dengan produk antara lain zat gizi, zat yang diklaim sesuai dengan label, hasil uji kimia, cemaran mikrobiologi dan cemaran logam. Analisa tersebut keabsahannya berlaku selama enam bulan dari tanggal pengujian yang dilakukan
  3. Rancangan tabel yang disesuaikan dengan yang akan diedarkan. lengkapi dengan contoh produk
  4. Formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap

Proses pengajuan BPOM membutuhkan waktu 6 bulan sampai 1 tahun tergantung produknya dengan biaya yang beragam. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa mendatangi kantor BPOM dikota anda untuk menanyakan prosedur lebih detail seperti  kelengkapan admnistrasi dan estimasi biayanya.