Close

April 5, 2017

Syarat dan Ketentuan Dosis Vitamin C pada Produk Minuman Kecantikan

bahaya overdosis vitamin c

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Dimana vitamin yang juga dikenal dengan nama asam askorbat ini masuk dalam jajaran vitamin antioksidan yang berkemampuan untuk melawan berbagai radikal bebas ekstraselular. Penggunaan atau pengonsumsian vitamin C dalam produk minuman kecantikan pun harus berada daBahalam dosis yang tepat. Meskipun memiliki dampak yang baik bagi tubuh, namun mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang berlebihan rupanya akan menimbulkan beberapa permasalahan karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh dengan baik. Meskipun tidak berbahaya, namun ada baiknya jika hal tersebut dihindari atau diminimalisir.

Dosis mengonsumsi vitamin C

Sangat tidak disarankan mengonsumsi vitamin C dengan jumlah yang berlebihan. Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh mayoclinic.org, Katherine Zeratsky, R.D., L.D., menjelaskan terkait dosis yang tepat dalam mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang terbilang esensial. Dimana ia berkemampuan untuk proses tumbuh kembang tubuh secara normal. Selain itu, ia juga memiliki fungsi yang terlampau banyak, yakni melakukan penyerapan zat besi dan mampu larut di dalam air. Hal ini disebabkan, meskipun memiliki organ tubuh yang memiliki kinerja sangat optimal, namun ia tidak mampu memproduksi vitamin C sendiri, sehingga diperlukan adanya pengonsumsian vitamin dari luar tubuh.

Lantas, berapa dosis yang tepat untuk mengonsumsi vitamin C ?

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi banyak vitamin C memiliki dampak yang baik untuk tubuh. Dimana ia sering kali mengonsumsi jeruk berukuran besar atau secangkir stroberi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tiap harinya. Selain mengonsumsi kedua makanan tersebut, vitamin C ini rupanya juga dapat ditemukan pada potongan cabai dan brokoli. Pengonsumsian vitamin C ke dalam tubuh ini nantinya akan dikeluarkan melalui air seni atau urin.

Kebutuhan vitamin C untuk tubuh orang dewasa sendiri ialah antara 65 hingga 90 mg tiap harinya, dengan batas maksimal yang boleh dikonsumsi ialah 2000 mg per harinya. Dengan demikian, Katherine Zeratsky, R.D., L.D., mengungkapkan bahwa manusia masih diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Meskipun cenderung tidak membahayakan, namun mengonsumsi vitamin C yang melebihi dosis akan menyebabkan adanya berbagai hal, diantaranya :

  1. Sakit kepala (headache)
  2. Insomsia
  3. Diarrhea
  4. Mual (nausea)
  5. Mulas (heartbun)
  6. Muntah (vomiting)
  7. Perut kembang dan kram (abdominal bloating and cramps)
  8. Batu ginjal (kidney stones)

Bentuk vitamin C

Vitamin C rupanya memberikan manfaat yang sangat bagus pada kulit jika dikonsumsi secara terus-menerus dan berkelanjutan. Dimana ia mampu mencegah adanya penuaan dini, meremajakan kulit, mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain berupa produk minuman kecantikan, vitamin C biasanya juga tersedia dalam bentuk produk kosmetik.

Jika Anda menggunakan produk kosmetik untuk perawatan kulit, perhatikanlah kemasan produk tersebut dan telitilah apakah ada nama lain dari vitamin C, contohnya L-ascorbic acid, magnesium ascorbyl phosphate, tetrahexyldecyl ascorbate, ascorbyl glucosamine, ascorbyl palmitate, dan ascorbyl tetraisopalmitate. Berbagai nama lain dari vitamin C tersebut rupanya berfungsi sebagai antioksidan dan berkemampuan untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan.

Mengingat vitamin C juga merupakan salah satu jenis antioksidan, ia akan sangat mudah rusak jika terkena udara dan cahaya. Dalam membeli sebuah produk kosmetik dan minuman kecantikan yang mengandung vitamin C, sebaiknya Anda memilih kemasan yang kedap udara dan tidak tembus terhadap cahaya. Hal ini bertujuan agar vitamin C yang dikandungnya senantiasa berada dalam kondisi baik dan terhindar dari kerusakan.

Manfaat utama vitamin C dalam kosmetik dan produk minuman kecantikan

Kosmetik, termasuk diantaranya produk minuman kecantikan pada dasarnya memiliki kandungan vitamin C yang cukup bagus untuk kecantikan kulit, adapun manfaat utama yang diperolehnya ialah :

  1. Vitamin C mampu berperan sebagai pelindung kulit. Dalam hal ini vitamin C mampu memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap berbagai pengaruh negatif atau polusi yang berasal dari luar atau lingkungan sekitar, baik berasal dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, paparan sinar matahari, AC, iklim atau pun berbagai penyebab lainnya.
  2. Merangsang proses pembentukan kolagen dalam sel kulit wajah. Bahkan tidak hanya itu, ia juga merangsang peningkatkan produksi kolagen yang lebih signifikan agar mampu menciptakan adanya kelembaban, kelenturan, kekenyalan dan kehalusan pada kulit wajah.
  3. Mampu mencerahkan dan menyegarkan kulit tanpa adanya efek samping yang dapat merugikan atau memberikan dampak yang buruk pada kulit. Hal ini disebabkan vitamin C sendiri merupakan jenis vitamin yang tidak diperoleh dari bahan-bahan kimia yang membahayakan, melainkan berasal dari tumbuh-tumbuhan yang bersifat alami dan sangat aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Dengan adanya informasi diatas, kita sebagai konsumen harus lebih hati-hati lagi dalam mengonsumsi vitamin secara berlebihan agar manfaat yang kita dapatkan dari vitamin C maksimal dan tidak menimbulkan resiko apa-apa.