Close

April 21, 2017

Memilih Jenis Promosi yang Tepat untuk Bisnis Kosmetik Anda

Bisnis kosmetik merupakan bisnis yang sangat menjanjikan karena bisnis ini akan terus berkembang setiap tahunnya mengikuti kebutuhan akan kosmetik yang terus meningkat. Saat ini saja, permintaan produk kosmetik tidak hanya meliputi makeup saja namun juga meluas hingga perawatan wajah, tubuh, rambut bahkan hingga minuman kecantikan.

Apabila anda sudah serius untuk menekuni usaha ini ada hal-hal penting yang harus anda perhatikan dalam berbisnis kosmetik. Tentunya kita ingin bisnis yang kita jalankan berakhir dengan kegagalan karena produk kita tidak laku di pasaran kan? Agar produk anda terus dikenal dan dicari oleh konsumen ada hal penting yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu melakukan promosi terhadap produk anda.

Menurut Wikipedia, promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada orang lain dengan tujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Promosi sendiri berperan sangat penting dalam memasarkan produk karena hanya dengan melakukan promosi lah produk anda akan dikenal oleh masyarakat. Dengan mengetahui cara yang tepat untuk mempromosikan produk anda, maka peluang untuk meraih kesuksesan seperti contoh saja Nurhayati pemilik brand kosmetik Wardah yang sudah memiliki beberapa cabang di kota besar. Tentu saja anda ingin meraih kesuksesan seperti itu bukan?

Di jaman sekarang, para pemilik produk tidak hanya dapat memasarkan produknya secara offline saja namun juga secara online. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, saat ini masyarakat cenderung memilih praktis nya. Dengan memasarkan produk online, anda mendapat banyak keuntungan yaitu: lebih ekonomis karena yang anda perlukan hanyalah sebuah gadget dan sosial media, selain itu promosi via online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja anda dapat melakukan prmosi produk dengan tidur-tiduran bahkan dapat anda lakukan dengan melakukan hal lain karena anda tidak perlu berhadapan langsung dengan konsumen, dan yang terakhir adalah lebih menarik karena promosi dapat anda lakukan menggunakan berbagai fitur-fitur grafis yang disediakan.

Namun tidak hanya memiliki keuntungan, promosi secara online juga memiliki kekurangannya yaitu: tidak semua konsumen memiliki kapasitas untuk mengoperasikan gadget terutama jika target pemasaran anda adalah ibu-ibu, selain itu juga sulitnya untuk membangun kepercayaan kepada konsumen apabila anda baru memulai bisnis kosmetik secara online karena anda konsumen tidak dapat melihat secara langsung produk anda dan anda sulit membangun kepercayaan karena tidak bertatap muka secara langsung dengan konsumen anda.

Apabila anda ingin melakukan promosi bisnis kosmetik anda secara online, anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan sosial media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu BBM, Whatsapp, Line, Facebook dan Instagram. Jangan lupa cantumkan website bisnis anda juga.

Selain via online, pemasaran produk kosmetik juga dilakukan dengan offline yaitu dengan bertatap muka secara langsung dengan konsumen. Hal ini memiliki keuntungan diantaranya anda dapat dengan mudah mempengaruhi calon konsumen anda agar membeli produk kosmetik anda, kepercayaan juga sangat mudah dibangun dengan cara promosi secara langsung karena calon konsumen dapat melihat produk anda dan mendengar secara langsung penjelasan anda tentang produk kosmetik yang anda pasarkan.

Namun, cara ini juga memiliki kelemahan karena memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pemasaran ini biasanya dilakukan dengan cara menyebar brosur dan mengadakan pameran-pameran juga promosi-promosi mengenai produk anda.

Nah, anda juga dapat menggunakan kedua cara tersebut secara bersamaan dalam memasarkan produk anda. Jangan lupa untuk melakukan pendekatan secara personal kepada konsumen anda. Menurut survey, sekitar 14% wanita di Indonesia berbelanja suatu produk tertentu karena mereka sudah mengenal penjualnya.