Close

June 8, 2017

Keuntungan Berbisnis dengan Cara Makloon

Anda mengenal istilah makloon ? Menurut bahasa Belanda, makloon diartikan sebagai sebuah cara berbisnis yang mencari produsen sebagai pihak ketiga guna memproduksi barang yang nantinya akan dijual ke para konsumen. Dalam hal ini, pelaku bisnis tidak terlibat dalam proses produksi secara langsung karena proses produksi hanya dilakukan oleh para produsen.

Di Indonesia sendiri, bisnis makloon telah diterapkan di berbagai bidang usaha, mulai dari bisnis fashion, furniture, kesehatan dan kecantikan. Produsen atau perusahaan makloon contohnya adalah makloon kosmetik atau minuman kesehatan. Makloon produk tersebut biasanya merupakan sebuah pabrik besar yang sudah memiliki laboratorium sendiri sehingga mampu membuat produk sendiri sesuai pesanan customer.

Sebelum benar-benar terjun ke bisnis makloon, Anda dianjurkan untuk mengenal jenis produk kesehatan dan kecantikan yang ingin dibuat serta menganalisa kebutuhan pasar. Apa produk yang laris dipasaran dan memiliki kompetisi yang tidak terlalu tinggi agar bisa bersaing.

Hingga saat ini, bisnis dengan cara makloon memang mulai diganderungi oleh masyarakat Indonesia karena memiliki banyak keuntungan. Berikut keuntungan berbisnis dengan cara makloon yang perlu Anda ketahui :

1. Efisiensi biaya

Karena proses produksi dilakukan oleh pihak ketiga, pebisnis makloon pun tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk membeli mesin misalnya. Dengan demikian, pebisnis makloon pun tidak mengeluarkan modal yang cukup besar karena dengan modal yang tidak terlalu besar, seseorang dapat menjalankan bisnisnya secara lancar. Karena tidak membutuhkan biaya untuk pembelian mesin, tentu biaya tersebut dapat dialihkan untuk membiayai pemasaran produk.

2. Tidak perlu menyediakan tempat produksi

Pebisnis makloon tidak perlu pusing dan memikirkan tempat produksi dalam memproduksi produk yang dibisniskan, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli atau sewa tempat. Pasalnya, berbagai proses produksi ini dilakukan oleh pihak ketiga, sehingga pelaku makloon hanyalah cukup menyediakan modal bahan baku.

3. Meminimalisir pengeluaran tenaga kerja pribadi

Karena semua dilakukan oleh pabrik makloon mulai dari konsultasi, produksi, pengemasan hingga perizinan, maka kita bisa fokus untuk mengembangkan sumber daya dibidang pemasaran saja agar produk bisa segera terserap pasar dengan baik

Menjalankan bisnis dengan cara makloon memang mampu meminimalisir biaya operasional. Untuk memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut, tentunya Anda dituntut untuk cerdas dalam menentukan harga jual dari produk tersebut. Jangan sampai biaya produksi lebih besar ketimbang pemasukannya.

Penentuan harga jual juga bisa memperhatikan produk kompetitor dan perusahaan pabrik makloon dapat memberikan rekomendasi produk yang berkualitas namun terjangkau biaya produksinya.

Untuk pemasaran, sekarang ini di era kepopuleran media sosial atau media internet, sebaiknya memanfaatkan media tersebut karena saat ini penjualan online tengah populer dan diganderungi oleh masyarakat Indonesia, baik melalui media sosial Instagram, Facebook, Twitter atau juga bisa melalui website.