Close

June 8, 2017

Ini Dia Beberapa Zat-Zat Berbahaya Yang Harus Diperhatikan Apakah Terkandung Didalam Produk Kecantikan Kita

Setiap wanita sudah umum ingin bisa tampil cantik dan segar. Mereka cenderung lebih percaya diri ketika bisa menunjang penampilannya lebih baik. Kebanyakan dari wanita ini apalagi para wanita yang hidup di era modern dan urban seperti saat ini, mereka mencari banyak cara untuk bisa terlihat sempurna pada setiap penampilannya.

Beragam produk kosmetik pun digunakan untuk dapat menunjang penampilan mereka agar bisa tetap tampil cantik. Namun alih-alih ingin tampil cantik jangan sampai anda memilih bahan kosmetik yang salah sehingga berbahaya pada kesehatan anda sendiri.

Ada banyak orang-orang produksi yang curang dengan memasukkan zat kimia yang berbahaya dan harus kita hindari tentunya. Hal tersebut dibutuhkan untuk dapat memiliki wajah yang cantik namun tidak menghilangkan pentingnya menjaga kesehatan dalam tubuh kita.

Kesehatan itu perlu, selain melakukan pola hidup sehat dengan makanan dan istirahat serta olahraga yang teratur, tentu saja kita juga harus benar-benar memperhatikan tentang zat-zat yang berbahaya dari dalam tubuh kita sendiri. Penggunaan kosmetik sudah tidak bisa lagi dihindari di kalangan wanita, bahkan disetiap hari lebih dari satu kali mereka menggunakan kosmetik. Mulai dari perawatan wajah dan tubuh berupa cream malam dan pagi yang digunakan untuk membuat penampilan wajah lebih segar, putih dan cantik.

Untuk memilih produk kesehatan dan kecantikan yang baik dan terlindungi dari zat kimia jahat yang berbahaya dan mengancam keselamatan tubuh kita, berikut zat kimia yang harus anda kenali dan berbahaya yang biasanya ada di produk  kosmetik :

1. Merkuri (Hg)
Zat merkuri ini sering kali disalahgunakan oleh tangan yang tak bertanggung jawab, penggunaan merkuri pada krim atau lotion pemutih begitu berbahaya dan sama sekali tidak dianjurkan. Perlu anda ketahui apabila merkuri merupakan sebuah logam berat yang tentu saja berbahaya dalam konsentrasi kecil saja zat merkuri ini bisa memberikan sifat racun pada kosmetik.

Ada banyak yang bisa ditimbulkan dari pemakaian merkuri pada kosmetik terhadap kulit kita, seperti perubahan warna kulit yang bisa memberikan bintik-bintik hitam, alergi, iritasi bahkan kerusakan secara permanen pada susunan saraf otak dan ginjal.

2. Hidroquinon
Zat tersebut tentu tidak boleh digunakan pada kosmetik untuk kulit bahkan pada rambut. Zat ini disarankan untuk dijadikan sebagai pengeras kuku. Namun sering kali penyalahgunaannya sebagai krim pemutih pada kulit. Zat ini merupakan zat reduktor yang mudah larut dalam air. Kemampuan zat Hidroquinon sendiri untuk dapat menghambat jalannya pembentukan melanin atau zat pigmen kulit sehingga banyak yang membuat bahan ini digunakan sebagai pemutih kulit.

3. Asam Retinoat/Tretinoin/Retionic Acid
Penggunaan zat ini banyak disalahgunakan pada obat peeling atau pengelupasan kulit, obat jerawat serta krim pemutih dengan mekanisme kerja pengelupasan kulit. Zat tersebut bisa membuat kulit terasa kering, seperti terbakar dan teratogenik.

4. Resorsinol
Tahukah anda bahwa apabila krim produk kecantikan anda mengandung zat tersebut maka bisa menyebabkan gangguan iritasi dan sistem imun yang terganggu. Bahaya penggunaan resorsinol ini bisa membuat gejala dermatitis, iritasi pada mata, tenggorokan, kulit bahkan saluran pernapasan atas.

5. Bahan Pewarna
Bahan berbahaya lainnya adalah bahan pewarna seperti  Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075)  yang sering kali disalahgunakan sebagai produk lipstik atau pemulas kelopak mata dan pipi. Tahukan anda bahwa zat ini digunakan sebagai pewarna kertas, tekstil dan tinta sehingga begitu berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan pada sel hati.

6. Diethylene Glycol (DEG)
Zat Diethylene Glycol (DEG) ini adalah sesepora atau trace element yang biasa ditemukan sebagai bahan baku gliserin atau polietilen oksida pada pembuatan kosmetika pasta gigi. Apabila kadar dari DEG dalam gliserin dan polietilen glikol ini berlebihan dan diatas batas kadar normal yang sudah sesuai aturannya maka bisa menjadi sebuah racun pada manusia dan dapat mengakibatkan depresi pada sistem saraf pusat, keracunan hati bahkan membahyakan ginjal anda.

7. Timbal (Pb)
Zat yang satu ini merupakan bahan yang dilarang keras penggunaannya pada kosmetik. Apalagi bagi anak-anak, zat tersebut bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sel otam dan sistem saraf. Menurunkan IQ serta sistem pendengaran serta membuat anemia.

Sebaiknya anda harus menghindari penggunaan zat berbahaya seperti ini karena tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Pada orang dewasa Pb bisa membuat tekanan darah tinggi atau hipertensi serta menurunkan fungsi ginjal. Hal ini bisa berbahaya dan penggunaan timbal pada kosmetik dibatasi maksimal sampai 20 ppm.

Itulah tadi sederetan zat kimia yang sangat berbahaya dan mengancam keselamatan kita. Zat berbahaya ini perlu dihindari ketika menggunakan kosmetik agar tidak timbul penyesalan dikemudian hari. Maka dari itulah anda perlu memperhatikan zat apa saja yang terkandung pada kosmetik yang anda pilih untuk mempercantik penampilan kulit dan wajah anda.