Close

March 29, 2017

Bingung Bagaimana Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis Anda?

cara mencari target pasar yang tepat

Bisnis memang menjanjikan hasil yang sangat menggiurkan bagi siapa saja yang bekerja keras. Seiring berkembanganya jaman, apapun kini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis, mulai dari pakaian, makanan, kosmetik, properti dan masih banyak lagi. Bisnis apapun akan memetik sebuah kesuksesan jika dikerjakan dengan sungguh – sungguh tak mudah menyerah.

Menjalankan sebuah bisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan butuh waktu yang lama dan konsistensi yang baik untuk mendapatkan hasil yang sepada. Salah satu hal yang harus di perhatikan dalam membangun sebuah bisnis apapun adalah target pasar. Dengan target pasar yang tepat dan juga sesuai maka dipercaya bisnis akan berjalan dengan lancar dan tak banyak mengalami kendala yang serius. Namun sayangnya tak banyak pengusaha atau pelaku bisnis menyadari akan hal ini.

Target pasar atau segmentasi pasar sendiri adalah sebuah pembagian pasar yang disesuaikan dengan kesamaan, kemiripan dan kekerabatan pada suatu segmen. Semua anggota segmen sudah dipastikan memiliki paling tidak satu kesamaan. Tujuan dari segmentasi pasar atau target pasar ini sendiri adalah usaha untuk memfokuskan tenaga dan juga energi marketing ke segmentasi pasar tertentu. Dengan demikian keuntungan yang dihasilkannya akan lebih kompetitif dterhadap segmen tersebut. Banyak pengusaha yang tak memahami pentingnya semen pasar sehingga banyak yang masih mengalami kerugian dan tenaganya terbuang dengan sia – sia. Hal ini lantaran tak ada target utama yang dijadikan sebagai tolak ukur.

Jika sudah ada sebuah segmentasi pasar yang jelas maka anda tentu saja akan mendapatkan beberapa manfaat yang ditumbulkannya. Seperti mendapatkan informasi yang jelas, dimana jika anda sudah memiliki segmentasi pasar yang jelas maka anda tak usah direpotkan kembali dengan menebak nebak informasi yang dibutuhkan dan menerima planning berdasarkan opini seseorang. Kemudian anda juga dapat menikmati proses bisnis yang lebih efektif. Hal ini lantaran anda telah menyusun segalanya dengan baik, mulai dari ketertarikan target, kebiasaan belanja, kondisi demografis dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu anda akan lebih menghemat waktu dan juga uang dalam melakukan proses bisnis anda. Dengan proses yang lebih efektif dan juga target yang jelas maka hasil yang akan didapatkan dari sebuah bisnis tentu saja akan lebih baik jika dibandingkan dengan sebuah bisnis yang tak memiliki target pasar sama sekali. Oleh karena itu ini lah alasan mengapa target pasar sangat penting untuk diketahui oleh para pengusaha.

Setelah mengetahui apa itu taret pasar atau segmentasi pasar, maka berikut ini adalah beberapa cara jitu untuk menentukan target pasar yang pas bagi bisnis yang akan anda jalankan nantinya.

  1. Pilih Lokasi yang Jadi Target Pasar
    Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah mengenai geografis. Pilihlah sebuah lokasi atau tempat yang sangat mudah dijangkau oleh bisnis yang kini sedang anda bangun. Terdapat berbagai macam cara untuk melakukan pemilihan lokasi yang tepat bagi target pasar nantinya. Seperti contohnya bisa disesuaikan dengan kota, kabupaten,  provinsi dan bahkan sesuai dengan radius. Perlu anda perhatikan adalah hindari untuk menghindari target pasar yang sudah umum atau luas. Hal ini biasanya sering terlihat pada pelaku bisnis online yang mendeklarasikan bahwa target pasarnya adalah seluruh Indonesia. Dengan menentukan sebuah lokasi yang jelas sebagai prioritas akan membuat anda semakin mudah dalam membuat strategi pemasaran produk yang anda miliki.
  2. Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan.
    Hal kedua yang perlu anda perhatikan setelah sisi geografis adalah demografi. Lakukan pengelompokan terhadap pelanggan anda yang potensial sesuai dengan jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, agama serta faktor demografi yang lainnya. Anda hanya perlu memilih salah satu faktor demografi yang telah di sebutkan untuk mengetahui secara jelas manakah yang merupakan pelanggan portensial anda.
  3. Kumpulkan Infomasi Tekait Psikologis Pelanggan.
    Dengan mengetahui terkait kebiasaan, perilaku, emosi, presepsi, kepercayaan hingga ketertarikan segmentasi pasar anda, maka bisnis yang anda lakukan akan berjalan sesuai dengan target yang anda inginkan. Mengumpulkan psikologis dari pelanggan menjadi sebuah segmentasi pasar yang aling bermanfaat bagi para pebisnis, karena seluruh data yang diperoleh dapat diambil secara langsung dan menjurus ke target pasar tertentu. Sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai sebuah perencanaan atau perkiraan penjualan di masa yang akan datang.

Bagaimana jika anda belum mengetahui siapa target pasar yang sesuai dengan produk anda? anda bisa melakukan survey pasar terlebih dahulu dengan menjual  kepada orang asing ditempat keramaian. Contohnya seperti di Car Free Day, anda bisa membuka stand dengan harga sangat terjangkau disana dan mempersiapkan produk anda untuk dikenalkan kepada masyarakat. Tawarkan produk anda dan liat siapa yang tertarik membeli produk anda. Menurut Mas Jaya Setiabudi, pendiri Yukbisnis, jangan langsung tanyakan feedback/testimonial mereka, biarkan mereka mengatakan secara spontan. Anda akan mendapat timbal balik/testimonial beragam dari orang-orang yang membeli produk anda. Data ini bisa dijadikan acuan awal untuk anda memulai bisnis. Teruslah pelajari konsumen anda untuk mendapatkan profil target pasar yang tepat sasaran dan menguntungkan buat bisnis anda.