Close

April 4, 2017

Bagaimana Strategi Penjualan Kosmetik yang Efektif?

strategi penjualan kosmetik

Belakangan ini bisnis kosmetik sedang menjadi trendi di kalangan masyarakat apalagi kaum hawa, pasalnya banyak wanita yang mulai memperhatikan penampilan wajah mereka untuk bisa tetap tampil cantik, putih, lembut dan halus. Tentu saja hal itu tidak bisa didapatkan begitu saja, akan tetapi harus menjalani beberapa tahapan, pemilihan kosmetik yang tepat merupakan salah satu cara untuk dapat mendapatkan kulit wajah cantik seperti yang diidamankan.

Karena banyaknya permintaan mengenai produk kosmetik, maka dari itu tak sedikit orang memanfaatkan peluang bisnis kosmetik tersebut untuk dapat diterima oleh masyarakat. Baru-baru ini kosmetik adalah sebuah produk yang banyak dikejar dan diburu para wanita. Perkembangan bisnis kosmetik sedang mengalami perkembangan yang begitu tinggi, tak hanya untuk make up saja, tapi produk kosmetik dibutuhkan untuk melakukan perawatan wajah dan rambut.

Saat ini banyak sekali wanita yang sukses dalam bisnis kosmetik di Tanah Air, hal tersebut karena pintarnya mereka melakukan regulasi bisnis kosmetik yang saat ini sedang marak di pasaran. Berbagai merk kosmetik saat ini berlomba-lomba untuk menyajikan kualitas yang bagus untuk dapat menarik banyak konsumen. Sebut saja seperti Wardah, Citra, Sariayu dan masih banyak merk ternama lainnya yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar.

Apabila anda ingin melakukan bisnis kosmetik juga dan menggapai kesuksesan seperti merk-merk kosmetik ternama, tentu saja anda harus memahami stategi penjualan kosmetik yang cukup efektif saat ini. Penasaran dengan apa saja kiat-kiat atau strategi yang digunakan orang-orang pendahulu yang sukses dalam penjualan bisnis kosmetik? Inilah strategi penjualannya :

  1. Menjaga kualitas produk kosmetik,hal ini begitu penting dilakukan karena jika kualitas yang dimiliki oleh produk kosmetik anda tinggi maka anda tidak perlu susah lagi menarik banyak konsumen untuk membeli kosmetik anda karena mereka sudah merasakan sendiri bagaimana kualitasnya. Disini, kepuasan konsumen adalah satu hal yang harus dijaga. Apabila anda mau membuat bisnis menjual produk kosmetik produksi merk lain, maka pastikan produk yang diambil merupakan merk ternama dan sudah terbukti kualitasnya, pilih yang asli supaya tidak memberikan dampak negatif kepada para pembelinya.
  2. Berikan kemasan yang menarik dan berciri khas,hal ini penting karena bisa menjadi pembeda produk yang kita miliki dengan produk orang lain. Oleh karena itulah kita harus membuat penampilan kosmetik tersebut berbeda daripada umumnya, supaya juga tidak disebut plagiat, dan memberikan ciri khas dari produk kosmetik yang hendak kita pasarkan. Anda bisa menggunakan kemasan yang bisa didaur ulang, menggunakan kain batik atau semacam hiasan dari daun-daun yang kering sehingga memberikan penampilan yang lebih fresh.
  3. Pelayanan yang ramah, untuk strategi yang satu ini tidak bisa anda tinggalkan karena konsumen atau pembeli itu adalah raja, dan kita tentu harus melayani raja dengan baik, sopan dan ramah. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Ya, karena jika pelayanan kita bagus tentu saja konsumen tidak enggan untuk datang dan kembali membeli produk kita.
  4. Memiliki ijin resmi dari BPOM, BPOM yang merupakan badan milik pemerintah dimana fungsinya untuk dapat melegalitaskan produk olahan pangan termasuk kosmetik tentu saja dirasa penting labelnya ada pada produk kosmetik buatan kita karena itu berarti kosmetik kita memiliki ijin edar dan pakai serta tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk digunakan.
  5. Berikan harga khusus, maksudnya anda dapat memanfaatkan momen-momen tertentu misal saja pada momen tahun baru, akhir tahun, atau momen lainnya untuk memberikan diskon atau potongan harga sehingga bisa menarik minat konsumen untuk tertarik kepada jualan kita.
  6. Perlakukan bonus pada pembelian produk, misalnya anda memberikan bonus hadiah berupa souvenir pada saat seseorang membeli dengan harga tertentu sehingga orang-orang cenderung untuk menambah pembelian mereka supaya mencapai angka yang bisa mendapatkan hadiah tersebut. Atau anda bisa memperlakukan permainan harga, misalnya ketika orang itu membeli suatu produk tertentu berapa buah berikanlah gratis satu produk atau hal lainnya yang bisa menarik minat mereka supaya tidak segan-segan kembali ketika produk kosmetiknya sudah habis.

Nah itulah beberapa tips kecil yang bisa anda ikuti dalam mensukseskan strategi penjualan kosmetik yang cukup efektif dilakukan dalam bisnis kosmetik yang anda bangun.