Close

April 5, 2017

Bagaimana Cara Mengetahui Kosmetik Yang Aman?

bahan-bahan kosmeti berbahaya

Kosmetik adalah salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari wanita. Hampir seluruh wanita menggunakan kosemtik dan sudah menjadi kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Apalagi jika seorang wanita tersebut adalah seorang pekerja yang dituntut untuk memiliki penampilan yang maksimal, secara otomatis kosmetik telah menjadi teman sehari – hari bagi wajah seorang perempuan. Kosmetik sendiri memang digunakan untuk menunjang penampilan seorang wanita agar terlihat lebih cantik. Tak dapat dipungkiri hampir seluruh wanita ingin terlihat cantik dan akan semakin percaya diri jika apa yang dikenakan dapat membuat dirinya semakin terlihat cantik. Oleh karena itu kosmetik menjadi salah satu barang yang penting untuk dibawa kemanapun berada.

Bahkan tak sedikit wanita yang rela untuk mengeluarkan budget yang lebih untuk mendapatkan alat kosmetik guna mempercantik wajahnya. Kosmetik sendiri di dibuat dari berbagai bahan, mulai dari bahan alami hingga bahan kimia. Karena adanya kandungan bahan kimia yang ada didalamnya perempuan hamil atau menyusi terkadang dilarang untuk menggunakan kosmetik. Namun tetap saja sebagai naluri seorang perempuan, ibu hamil dan menyusui pun ingin tetap menggunakan kosmetik. Hal ini ditasi dengan alternatif menggunakan kosmetik yang berbahan dasar alami secara keseluruhan agar tak berdampak pada kesehatan sang bayi.

Seperti yang kita ketahui kini sudah banyak sekali kosmetik yang beredar dan dijual secara luas. Harganyapun beragam mulai dari yang murah hingga yang paling mahal. Dengan banyaknya peminat dan juga produk yang ada, justru terkadang dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab yang memalsukan kosmetik. Caranya adalah dengan memberikan campuran bahan kimia berbahaya pada produk kosmetik dan menjualnya dengan murah. Tentu hal ini dapat membahayakan para penggunanya jika tetap digunakan dalam waktu yang lama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tak semua kosmetik yang dijual di pasaran aman untuk digunakan sehari – hari.

Ketika ingin membeli sebuah kosmetik terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Biasanya kosmetik yang telah memiliki izin dari BP POM, Depkes, LP POM MUI serta lembaga sertifikasi produk kecantikan lainnya dapat dibilang sudah cukup aman untuk digunaan. Oleh karena itu untuk menghindari membeli produk kosmetik yang palsu dan berbahaya, maka sebelum membeli kosmetik anda harus benar benar memperhatikannya dengan baik.

Produk kosmetik memang dibuat dengan berbagai bahan baik bahan alami maupun bahan kimia hingga akhirnya memiliki sebuah fungsi tertentu. Sebagai seorang konsumen kosmetik yang cerdas, tentu saja setidaknya anda harus mengetahui tentang seluk beluk bahan yang terkandung dalam kosmetik yang anda gunakan sehari – hari. Jangan sampai anda hanya tergiur dengan iming – iming wajah cantik yang terdapat pada iklan, tanpa mengetahui dengan jelas kandungan apa saja yang terdapat dalam produk kosmetik yang ada pakai.

Beberapa bahan kimia seperti Coal tar (tar batubara), Formaldehyde (formaldehida), Hydroquinone (hidrokuinon),  Mercury (merkuri), dan Paraben yang sering di campurkan pada bahan kosmetik justru dapat menimbulkan akibat yang sangat fatal bagi kesehatan kulit anda. Jika anda menemukan beberapa kandungan bahan kimia tersebut pada produk kosmetik anda maka segeralah membuah kosmetik tersebut. Karena jika digunakan secara tersus menerus dapat berakibat fatal bahkan dapat menjadi salah satu pemicu penyakit kanker yang mematikan.

Untuk menghindari memakai produk kosmetik yang tidak aman. Maka berikut ini akan kami ulas beberapa syarat untuk mengenali bahwa kosmetik aman untuk digunakan.

  1. Produk Kosmetik Berlebel Halal
    Produk kosemetik yang aman akan memiliki lebel halal pada kemasan luarnya. Dengan lebel tersebut tentu saja secara otomatis kosmetik yang anda pakai telah diuji ole lembaga terkait. Sehingga anda dapat benar benar merasa percaya dan aman kosmetik anda tak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.
  2. Terdaftar dan Mempunya Kode Reg BPOM Legal
    Hindarilah membeli kosmetik yang tak memiliki Kode REG BPOM. Karena akan terdapat kemungkinan bahwa kosmetik yang anda gunakan mengandung bahan – bahan yang berbahaya.BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Depkes RI sendiri memang seuah lembaga yang bertugas untuk memerika kelegalan sebuah produk dan memiliki standart kemanannya sendiri. Meski sudah terdaftar pada BPOM, pastikan lagi kode tersebut benar benar legal dengan cara memeriksanya di http://www.pom.go.id/
  3. Produk Kosmetik Menyediakan Cara Pemakaian
    Dalam memilih kosmetik usahakan anda menentukan kosmetik yang mencantumkan cara pemakaiannya. Hal ini bertujua agar para konsumen dapat menggunakannya dengan benar dan mendapatkan manfaat yang maskimal dari kosmetik. Bahkan tak sedikit kosmetik yang memang benar benar aman, mencantumkan efek buruk yang akan dialami oleh pengguna jika kulinya tidak cocok pada kosmetik tersebut.
  4. Terdapat Tanggal Kadaluarsa
    Tanggal kadaluarsa pada sebuah produk kosmetik sangat penting. Karena tanggal kadaluarsa akan menunjukkan sampai kapan kosmetik tersebut dapat digunakan. Jika pada kosmetik anda tak ada tanggal kadaluarsa, lebih baik anda mulai waspada dan mencari tahu akan keamanan dari kosmetik tersebut.
  5. Perhatikan Komposisi bahan
    Di setiap kemasan kosmetik tentu saja mencantumkan komposisi bahan yang digunakan. Untuk lebih memastikan bahwa kosmetik tersebut aman, anda dapat memeriksa komposisi bahan dan pastikan bahwa bahan yang digunakan aman serta halal untuk digunakan.
  6. Pada Kemasan Terdapat Nama dan Alamat Produksi
    Produk kosmetik yang mencantumkan nama dan alamat jelas tentu saja sudah dijamin keamanannya. Jika anda menemukan kosmetika yang tak mencantumkan alamat produksi dan nama maka tentu saja perlu anda pertanyakan keamanannya. Bahkan bagiprodusen yang benar – benar menjamin keamanan produknya, tak sedikit dari mereka yang juga mencantumkan nomor pengaduan yang dapat dihubungi. Sehingga para konsumen dapat leluasa bertanya terkait produk kosmetik yang akan digunakan tersebut.

Dengan informasi lengkap diatas, kita jadi harus lebih selektif ya dalam memilih kosmetik yang aman untuk dipakai.